Beranda EDITOR'S PICKS New Mazda6 2016: The Big Cheetah

New Mazda6 2016: The Big Cheetah

Mendobrak batasan, Mazda menciptakan spesies baru di kelasnya.

BERBAGI
(Foto: Mazda)

Berangkat dari motto Mazda Jinbai-Ittai yang berarti perasaan yang menyatu antara pengendara dengan tunggangannya, Mazda6 meluncur pada 2012 di Paris Auto Show. Sedan luxurious ini memancarkan bahasa design KODO: Soul of Motion dan membenamkan teknologi mesin SKYACTIV yang menghasilkan sebuah sedan mid-size yang fun-to-drive.

Tiga tahun berselang, Mazda Motor Coorporation(MMC) melahirkan kembali new Mazda6 2016 bersamaan dengan new Mazda CX-5. MMC melakukan etape di beberapa motor show termasuk New York, Geneva, dan Shanghai. Di Indonesia sendiri, Mazda Motor Indonesia justru meluncurkan dua maskot model jagoannya jauh sebelum pameran otomotif tanah air digelar.

Hadir dengan segudang penyempurnaan teknologi dan desain, new Mazda6 masih memegang gelarflagship bagi perusahaan, maupun sedan dikelasnya. Perubahaan minor pada sang cheetah boleh dibilang sudah menyamai standar sedan Eropa — lihat saja harganya yang mencapai Rp 600 jutaan.

30062015-Mazda-6_2016_04

New Mazda6 menambah gincu dengan lampu iluminasi yang mengelilingi grille dan berkolaborasi bersama headlight LED. Selain itu, new Mazda6 pun mendesain bentuk velg alumunium berukuran 19-inci menjadi lebih dinamis dan gelap. Sisanya, masih mempertahankan nilai-nilai dari bahasa desain KODO: Soul of Motion, yaitu refleksi cheetah yang digambarkan lewat otot-otot pada body Mazda6. Fungsinya tentu saja demi meningkatkan tingkat aerodinamika kendaraan agar lebih dinamis untuk membelah angin saat berakselerasi.

Baca Juga:  Ikuti Tren, Jeep Cherokee 2019 akan Gunakan Mesin Hybrid 2.0L

Dalam hal performa, Mazda6 masih mempercayakan mesin empat silinder SKYACTIV 2,5-liter yang dikawinkan dengan transmisi otomatis SKYACTIV-DRIVE 6-kecepatan. Teknologi SKYACTIV ini tak hanya meningkatkan performa, namun juga mendorong efisiensi bahan bakar secara maksimal. Mazda6 mampu memuntahkan tenaga 184hp dan torsi 250Nm pada 3.250rpm. Belum lagi tersedianya sport mode mengatur perpindahan gear saat putaran mesin di atas 2000 rpm. Alhasil respon mesin meningkat dan transmisi menjadi lebih sangar.  Jika Anda ingin beradu tangkas di jalan kosong, Mazda6 juga dibekali dengan paddle shift yang terletak di balik kemudi berlapis kulit.

30062015-Mazda-6_2016_10

Yap, di dalam interior Mazda6 juga terdapat segudang revisi teknologi, salah satunya adalah faktor kenyamanan. Memasuki kabin Mazda6, Anda akan disambut dengan tema baru two-tone. Dashoardnya dibungkus dengan dua warna hitam dan white ivory, bagaikan paduan Mazda3 dan Mazda6. Jok semi-bucketnya yang dapat diatur secara elektrik tersebut tidak lagi berkelir gelap, kini tampak cerah dengan warna white ivory.

Selain terdapat di kemudi, Mazda6 juga menyediakan perangkat pengaturan di konsol tengah yang bersebelahan dengan elektrik parking brake baru. Perangkat tersebut biasanya merupakan fitur standar pada sedan-sedan premium sekelas Lexus, BMW, dan Infiniti. Selain itu, Mazda6 juga dilengkapi dengan fitur hiburan berupa layar 7-inci yang didukung teknologi MZD Connect. Teknologi ini merupakan fitur anyar di Mazda6 yang memungkinkan Anda mengatur panggilan telepon melalui voice command.

30062015-Mazda-6_2016_13

Kenyamanan juga semakin nyata dengan reduksi Noise, Vibration and Harshness (NVH). Para insinyur Mazda menambah seal atau peredam pada pilar-A dan pilar-B sehingga mereduksi suara dari luar seperti gesekan ban dan kendaraan lain. Mereka juga mempertahankan fitur-fitur warisan Mazda6 sebelumnya, antara lain i-Stop dan i-Activesense. i-Stop berfungsi untuk mematikan kerja mesin dalam kondisi macet sehingga meningkatkan efisiensi bahan bakar. Sedangkan i-Active sense merupakan paket safety system yang memiliki berbagai fungsi keamanan seperti peringatan saat kendaraan keluar dari jalurnya serta aktivasi rem tanpa komando dari driver pada kecepatan 0-30 km/jam.

Baca Juga:  Toyota Yaris Facelift 2018, Banyak Desain dan Fitur Baru

Mazda6 memang dibanderol di atas harga kompetitornya. Tapi jangan bandingkan mobil ini dengan sedan mid-size di kelasnya. Mazda6 menawarkan lebih dari sekadar kemewahan dan menciptakan spesies baru di segmennya. Dengan fitur-fitur yang ada, the price is worth it. The Cheetah could be a new standard for mid-size sedans in the future.

subscribe Carvaganza's youtube channel to get the latest car reviews

BERBAGI



Lokasi Strategis, Mitsubishi Buka Diler Kendaraan Penumpang di Lubuk Linggau

LUBUK LINGGAU, 12 Desember 2017 -- PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) terus menunjukkan agresifitasnya dalam memperluas jaringan penjualannya untuk...

Dani Humardani Kembali Pimpin Grand Livina Club Indonesia

JAKARTA, 12 Desember 2017 – Komunitas penggemar Nissan Grand Livina yang bernaung di bawah bendera Grand Livina Club Indonesia (Gravinci)...

New McLaren Senna, Mobil Jalanan Paling Ekstrem

SURREY, 12 Desember 2017 – Secara tampilan memang tidak cantik. Tapi Mclaren Senna P15 adalah mobil extreme road-going paling ekstrem...

Pembalap Toyota Team Indonesia Mampu Finish di Toyota Gazoo Racing 2017

TOKYO, 11 Desember 2017 – Dua pembalap Toyota Team Indonesia (TTI) tampil cukup apik di ajang Toyota Gazoo Racing 2017...

Honda Mobilio Battle of Efficiency Catat Konsumsi 24,1 Km/Liter

JAKARTA, 11 Desember 2017 -- PT Honda Prospect Motor menggelar tatangan hemat bahan bakar bagi komunitas dan calon konsumen Honda...