Beranda New Cars Pantaskah Mitsubishi All New Pajero Sport 4×4 Dijuluki King Of Off Road?

Pantaskah Mitsubishi All New Pajero Sport 4×4 Dijuluki King Of Off Road?

BERBAGI
(Foto-foto: Adun/Carvaganza)

JAKARTA, 1 Februari 2016 — Mitsubishi Pajero Sport generasi terakhir diluncurkan Krama Yudha Tiga Berlian Motors, Jumat pekan lalu. Mobil ini digadang-gadangkan Mitsubishi memiliki DNA dari saudara tuanya Mitsubishi Pajero. Benarkah?

Seperti kita ketahui bersama, Pajero Sport dan Pajero adalah dua produk yang berbeda. Pajero yang dijuluki oleh Mitsubishi sebagai “King of Off-Road” yang telah malang melintang di kejuaraan dunia seperti Rally Dakar memiliki platform yang berbeda dengan Pajero Sport. Pajero Sport sendiri dulunya dikenal sebagai Pajero Challanger — namun setelah generasi terakhir diseragamkan untuk pasar dunia menjadi Pajero Sport — dibangun di atas sasis yang sama dengan double cabin Mitsubishi yakni Triton.

Lalu di manakah aliran DNA itu berada? Pertanyaan inilah yang Carvaganza tanyakan kepada Koichi Namiki, Executive Officers of Mitsubishi Motors Corporation pada sesi tanya jawab di sela-sela peluncuran All New Pajero Sport. “Meski berbeda, namun ada beberapa bagian dari Pajero yang kami implementasikan kepada Pajero Sport. Seperti pada bagian sistem penggerak dan beberapa part lainnya. Dan yang terpenting kami memberikan spirit Pajero kepada Pajero Sport terutama sebagai King of Off-Road,” jawab Namiki.

Baca Juga:  Mercedes-Benz CLS 2019 Alami Perubahan Radikal

11012016-Car-Pajero-Sport-04

Bagaimana kemampuan off-road dari All New Pajero Sport 4×4? Varian Dakar dipilih karena telah menggunakan mesin diesel baru berkode 4N15. Mesin ini memiliki keluaran tenaga sebesar 179 hp dan torsi maksimal 430 Nm pada 2.500 rpm.

Untuk melewati medan-medan off-road baik medium atau berat tidak cukup dengan modal mesin bertorsi besar dan juga sistem penggerak 4×4 saja. Anda harus mengetahui kemampuan “merayap” dari kendaraan atau yang di dunia off-road dikenal sebagai crawl ratio. Kemampuan ini memberikan nilai positif berupa keuntungan dalam melintasi halangan atau rintangan yang akan dihadapi seperti jalan licin berlumpur, tanjakan, merayap di bebatuan hingga menarik beban.

Seperti yang sudah Carvaganza contohkan, menghitung besaran crawl ratio sebuah kendaraan sangat mudah. Besaran ratio gear 1 dikali ratio transfer case dikali rasio final gear. Pada All New Pajero Sport didapatkan crawl ratio 44.7:1 hasil dari ratio gear 1 4.845 x 2.5 x 3.692. Angka ini cukup fenomenal karena angka crawl ratio All New Pajero Sport ini setara dengan jawara-jawara off-road seperti Land Rover Defender.

Baca Juga:  Mercedes AMG GLC 43 Coupe, Bold Move

Menelisik lebih dalam, dengan crawl ratio ini berarti pembagian torsi pada masing-masing roda juga memiliki angka yang signifikan. Ini didapat dari perhitungan torsi maksimal dari mesin sebesar 430 Nm dikali crawl ratio 44.7 dibagi ke empat roda. Didapat hasil 4.805 Nm pada masing-masing roda, angka yang cukup superior.

11012016-Car-Pajero-Sport-05

Dari crawl ratio ini juga dapat diketahui seberapa lambat putaran roda per menit pada low gear. Semakin kecil putarannya semakin minim pula terjadi gejala spin akibat torsi besar yang disalurkan kepada masing-masing roda. Ini dapat dihitung berdasarkan rpm pada torsi puncak dibagi crawl ratio dan didapat hasil 55x per menit. Angka ini sejatinya masih tergolong besar, ini disebabkan torsi maksimal baru tergapai pada 2.500 rpm.

Baca Juga:  Subaru Impreza 2017, Impressive Impreza

Pada mesin diesel torsi maksimal biasa digapai pada putaran mesin hingga 2.000 rpm. Namun sepertinya engineer-engineer Mitsubishi berusaha mencari toleransi terbaik agar tetap bisa menikmati medan off road namun tetap mantap saat melibas jalan-jalan on road dengan transmisi otomatis 8-kecepatannya.

Ini memang baru hitung-hitungan di atas kertas. Kemampuan off-road juga didukung oleh fitur-fitur seperti Active Stability Control (VSC), Active Traction Control (ATC), Hill Start Assist (HSA) dan Trailer Stability Assist (TSA) yang berguna saat menarik beban seperti trailer. Nantikan pengujian All New Pajero Sport sesungguhnya di Carvaganza karena di atas kertas layak jika Namiki menyebut All New Pajero Sport memiliki DNA Pajero dan menjulukinya sebagai “King of Off-Road”.

ARIE PRASTZ

subscribe Carvaganza's youtube channel to get the latest car reviews

BERBAGI



Honda Honda Freed Modulo X, Tampil Agresif

TOKYO, 16 Desember 2017 – Multi Purpose Vehicle (MPV), Honda Freed, tetap menjadi favorit di Jepang. Honda melansir Honda Freed...

Servis Berkala di Auto2000 Dapat Oli Mesin TMO Gratis

JAKARTA, 16 Desember 2017 -- Anda pemilik mobil Toyota yang rutin menjalani servis berkala di workshop Auto2000, kini ada reward...

Mitsubishi FUSO Apresiasi Supir Truk

JAKARTA, 16 Desember 2017 -- PT Krama Yudha Tiga Berlian Motors (KTB), distributor dari Mitsubishi FUSO Truck & Bus Corporation (MFTBC) mengapresiasi jasa para...
video

VIDEO: Test Drive Mazda CX-5 Elite

JAKARTA, 15 Desember 2017 – Kesempatan menjajal All New Mazda CX-5 yang diberikan PT Eurokars Motor Indonesia tentunya tidak disia-siakan. Apalagi...

All New Mazda CX-5 Elite, SUV yang Menyenangkan

JAKARTA, 15 Desember 2017 – Saya harus membuat pengakuan. Sejak pertama kali melihat dan mencoba mobil-mobil Mazda, saya dibuat jatuh...