Home Updates Jawab Soal Kecurangan Konsumsi BBM, Mitsubishi Bentuk Komite Investigasi

    Jawab Soal Kecurangan Konsumsi BBM, Mitsubishi Bentuk Komite Investigasi

    JAKARTA, 30 April 2016 — Menyikapi kasus manipulasi konsumsi BBM pada produknya, Mitsubishi Motor Corporation (MMC) membentuk komite investigasi. Dan untuk menjaga netralitas dari hasil investigasi, MMC memilih anggota pencari fakta tersebut yang tidak memiliki kepentingan pribadi dengan perusahaannya.

    Beragam profesi mengisi anggota investigator bentukan MMC yang diantaranya adalah Jaksa penuntut umum, advokat hingga tim engineering. Mereka berusaha mengungkap fakta yang sebenar-benarnya dari kasus yang terjadi.

    Kasus manipulasi konsumsi BBM sendiri mencuat pada tanggal 20 April 2016 setelah MMC memberikan keterangan pers-nya setelah mendapat laporan hasil test dari Nissan Motor Corporation (NMC). Terdapat perbedaan data konsumsi BBM dari produk NMC yang kebetulan dipasok oleh MMC.

    Untuk diketahui, empat produk mini car produksi MMC yang terkena kasus manipulasi diantranya adalah eK Wagon dan eK Space. Serta dua produk lainnya adalah Dayz dan Dayz Rooz yang diproduksi MMC dan dipasok kepada NMC.

    Pada hasil investigasi pertama yang telah dilaporkan kepada Kementerian Darat, Infrastruktur, Transportasi dan Pariwisata Jepang pada tanggal 26 April 2016 lalu disebutkan bahwa terdapat perbedaan parameter uji antara MMC dan pihak pemerintah Jepang.

    “MMC melakukan pengujian konsumsi BBM dengan metode High Speed Coasting Test sementara pemerintah Jepang memiliki regulasi yang mengacu pada metode Coasting Test. kedua metode ini memiliki perbedaan salah satunya soal batas kecepatan pada pengetesan. Karena hal itu akhirnya terdapat perbedaan datanya,” jelas Presiden Direktur Krama Yudha Tiga Berlian Motors (KTB) Hisashi Ishmaki sesuai data yang ia dapat dari MMC.

    Sampai saat hari ini investigasi masih berlangsung. Laporan investigasi lanjutan akan dilaporkan oleh tim komite kepada pihak kementerian pada tanggal 11 Mei 2016. “Tim komite masih terus bekerja un meski di Jepang sekarang sedang belangsung Golden Week dimana saat ini sedang libur nasional hingga tanggal 8 Mei 2016,” tambah Ishimaki.

    Dan sebagai komitmen MMC untuk menjaga kualitas produknya, tim investigasi juga akan melakukan pengecekan kepada produk-produknya yang beredar di seluruh dunia. “Laporan hasil investigasi semua produk tersebut akan diumumkan oleh tim pada bulan Juli 2016,” jelas Ishimaki.

    ARIE PRASTZ

    Nissan GT Academy Kembali Hadir di Layar Kaca

    JAKARTA, 18 Januari 2017 -- PT Nissan Motor Indonesia (NMI) meluncurkan program reality TV show motorsport pertama di Indonesia, Nissan GT Academy 2016. Acara...

    Ini Kota yang Akan Melarang Mobil di Tahun 2019

    MADRID, 18 Januari 2017 – Madrid, Spanyol, akan menjadi kota paling ramah bagi penghuninya. Wali kota Marid, Manuela Carmena, berencana...

    Komunitas Nissan XTrail Indonesia Tanam Ribuan Pohon di Cirebon

    CIREBON, 18 Januari 2017 -- Kegiatan touring menjadi salah satu agenda rutin komunitas Nissan XTrail Indonesia (NXI) satu kali dalam sebulan. Kali ini para pecinta...

    Tata Motors Bidik Pertumbuhan 40% di Tahun 2017

    JAKARTA, 18 Januari 2017 - PT Tata Motors Distribusi Indonesia (TMDI) menyambut tahun 2017 dengan keyakinan tinggi. Mereka menargetkan pertumbuhan...

    Chevrolet Bangun Batmobile dari 344.187 Lego

    DETROIT, 18 Januari 2017 – Bersamaan dengan rencana peluncuran film The Lego Batman Movie, Chevrolet menampilan Batmobile yang keseluruhannya terbuat...