Home Updates Pertamina Meditran SX Bio Tingkatkan Kinerja Mesin Biodiesel

    Pertamina Meditran SX Bio Tingkatkan Kinerja Mesin Biodiesel

    JAKARTA, 28 Juni 2016 — PT Pertamina Lubricant terus mengembangkan inovasinya terkait produk pelumas. Pertamina meluncurkan produk terbarunya untuk mesin kendaraan berbahan bakar biodiesel Meditran SX Bio.

    Sejak Januari 2016, kandungan nabati dalam bahan bakar biodiesel sudah ditingkatkan dari 15% menjadi 20% (B20). Dan berdasarkan Peraturan Menteri ESDM No. 12/2015, kandungan tersebut akan dinaikkan lagi menjadi 30% pada Januari 2020.

    Kandungan nabati pada biodiesel memiliki dampak pada komponen mesin, seperti injektor. Pada mobil diesel modern, komponen mesinnya memiliki toleransi rendah sekitar 10% untuk Euro 2.

    Mia Krishna, Lubricant Product Development PT Pertamina Lubricants, mengatakan biodiesel memiliki sifat membersihkan sehingga meluruhkan kotoran pada jalur bahan bakar. Akibatnya, kotoran tersebut dapat menyumbat filter atau mengakibatkan kerusakan pada sistem injeksi bahan bakar. Selain itu, struktur kimia rantai gandanya dapat menyebabkan mudah teroksidasi. Kandungan nabatinya juga menyerap air sehingga berpotensi untuk pertumbuhan bakteri yang membentuk lumpur dan asam penyumbat filter.

    Berdasarkan sifat-sifat biodiesel inilah, PT Pertamina Lubricants meluncurkan pelumas Meditran SX Bio dengan kekentalan SAE 15W-40. Pelumas ini memiliki kandungan khusus yang mampu mereduksi struktur kimia rantai ganda dan efek-efek negatif lainnya. Hal ini membuat mesin yang menggunakan biodiesel, khususnya B20 (kandungan nabati 20%) lebih awet.

    Dengan pilihan tingkat performa API CH4 dan API CI4 Plus, pelumas ini bisa diaplikasikan untuk kendaraan penumpang, komersial (bus dan truk) dan mesin industri.

    PT Pertamina Lubricants membanderol Meditran SX Bio dengan harga Rp 53.000/liter dan Rp 208.000/galon (4 liter) untuk konsumen. Sedangkan harga outlet sebesar Rp 44.900/liter dan Rp 176.300/galon (4 liter).

    MIRAH PERTIWI

    Isuzu Perkenalkan Global Isuzu Diagnostic Service System ke Komunitas

    JAKARTA, 16 Januari 2017 - Isuzu memperkenalkan teknologi diagnosis tools yang dimiliki Isuzu kepada komunitas. Teknologi tersebut berupa Global Isuzu...

    Setelah hujan, Jangan Hanya Dilap Tapi Cuci Mobil Anda

    JAKARTA, 16 Januari 2017 -- Sering kali pemilik mobil malas mencuci usai terkena air hujan. Kebanyakan,mereka hanya mengelap pada bagian...

    Toyota Innova Venturer Tembus Setengah Miliar, Termasuk MPV Mewah?

    JAKARTA, 16 Januari 2017 – PT Toyota Astra Motor (TAM), siang ini, Senin (16/1) akan memperkenalkan model terbarunya Toyota Innova...

    Loeb Kembali Tercepat di Etape 11, Peterhansel Masih Melenggang di Puncak Klasemen

    RIO CUARTO, 16 Januari 2017 - Ajang Rally Dakar 2017 sudah memasuki 2 etape terakhir. Pada etape ke-11 yang digelar...

    Honda Thailand Tingkatkan Produksi 10% Tahun Ini

    BANGKOK, 16 Januari 2017 -- Setelah meluncurkan Honda City facelift, Honda Automobile Thailand (HAT) mengatakan akan meningkatkan produksi mobil di...