Home Drives Menjajal Performa Honda All New Civic Turbo

Menjajal Performa Honda All New Civic Turbo

BANDUNG, 25 Mei 2016 — Rasa penasaran dengan All New Honda Civic 1.5 Turbo akhirnya terjawab sudah. Carvaganza mencapat kesempatan mencoba performa small sedan PT Honda Prospect Motor yang diperkenalkan pada ajang Indonesia International Motor Show 2016 lalu.

PT HPM mengajak sekiytar 60 media menjajal langsung All New Civic Turbo. Sekitar 20 unit All New Civic Turbo kami jajal start dari kantor PT HPM di Sunter, Jakarta, menuju Bandung, Jawa Barat. Kejutan pertama kami diajak mampir ke Sirkuit Internasional Sentul. Di sini kami merasakan sensasi melakukan dragrace melahap jalur lurus sepanjang 402 meter.

“Acara ini dirancang agar para awak media dapat merasakan pengalaman yang baik dari All New Civic Turbo. Terutama keseruan dari mesin turbo yang sporty dan juga bertenaga,” ujar Tomoki Uchida, President Director PT HPM.

Bergaya pada dragracer saya . Memang sempat muncul pertanyaan apakah mesin yang hanya 1.500cc ini cukup mumpuni. Hal ini mengingat sebelumnya Civic menggunakan mesin yang lebih besar yaitu 1.8L dan 2.0L. Namun terbukti All New Honda Civic yang menggunakan mesin 1.5L VTEC Turbo dengan teknologi Earth Dreams cukup mumpuni.

Mesin ini menghasilkan peningkatan besar pada tenaga dan torsi dengan tenaga maksimal 173 PS pada 5.500 rpm dan torsi maksimal 22,4 kg.m pada 1700 – 5500 rpm, yang terbesar di kelasnya.

Hasilnya, catatan waktu tercepat untuk acara yang diberi nama It’s Turbo Time! Experience di Sentul ini adalah 15.582 detik. Cukup mengesankan untuk sebuah mobil dengan kondisi standar.

Selanjutnya kami menuju Bandung. Setelah sempat menghadapi kemacetan di jalur Cikampek. Saya mendapatkan kesempatan merasakan langsung sensasi turbo milik Civic di jalur Cipularang.

Hentakan-hentakan turbo sangat terasa ketika putaran mesin berada di angka 1.700-5.500 rpm. Belum lagi handling yang sangat pas untuk mengajak Civic ini menari-nari di antara kendaraan lain.

Rasa berkendara sporty didukung dengan fitur paddle shift yang memberikan sensasi racing untuk mengatur perpindahan transmisi 7 kecepatan hanya dengan menggunakan ujung jari. Kelincahan dan stabilitas berkendara dalam berbagai kecepatan dihasilkan lewat penambahan fitur Dual Pinion Electric Steering Power (EPS).

Dengan performanya, All New Honda Civic yang dijual dengan harga Rp 475.000.000 untuk on the road wilayah Jabodetabek tak kalah dengan mobil berkapasitas mesin lebih besar.

RAJU FEBRIAN

INTERVIEW: Adrian Tirtadjaja and Big Ideas

Penjualan mobil Lexus sepanjang tahun 2016 sampai bulan November di Indonesia telah mencapai angka 1000 unit. Sebuah pencapaian yang tinggi bagi brand mobil premium...

Lexus IS 2017, Simple But Quite Effective

Mobil tak ubahnya manusia, perlahan namun pasti sama-sama memiliki krisis pada penampilannya. Terlebih  mereka yang selalu tampil dibawah sorotan,  naluri...

Nissan Perkenalkan Navara Trek-1° Limited Edition

BRUSSEL, 16 Januari 2017 - Nissan memanfaatkan ajang Brussels Motor Show 2017 untuk memperkenalkan mobil edisi terbatas mereka yang berbasis...

Lima Pegokart Indonesia Raih Podium di Rotax Invitational Race 2017

SUBANG JAYA, 17 Januari 2017 – Lima pegokart Indonesia berhasil meraih podium dalam ajang Rotax Invitational Race 2017 yang digelar 14-15 Januari...

Datsun Rising Hope 2 Berhasil Kumpulkan 11 Ribu Buku

JAKARTA, 17 Januari 2017 - Ajang Datsun Rising Hope 2 telah berhasil mengumpulkan sebanyak 11.000 buku. Buku-buku ini merupakan hasil...