Home Blogs Cek Kesiapan Radiator Mobil Anda Sebelum Mudik

Cek Kesiapan Radiator Mobil Anda Sebelum Mudik

JAKARTA, 22 Juni 2016 – Sebentara lagi, ritual mudik lebaran akan segera dimulai. Bagi Anda yang mudik dengan kendaraan pribadi, sudahkah memeriksakan kesiapan mobil kesayangan Anda yang akan digunakan untuk mudik?

Ada beberapa hal yang perlu diperiksa pada mobil Anda sebelum anda mudik. Salah satunya adalah temperatur mesin mobil anda. Ya, temperatur perlu diperhatikan, pasalnya setiap mudik selalu identik dengan kemacetan. Mesin mobil anda perlu sistem pendinginan mesin yang mumpuni untuk menghadapi kemacetan mudik.

Untuk memeriksa temperatur bisa dimulai dengan memeriksa radiator mobil. Apalagi jika mobil yang digunakan sudah cukup lawas. Caranya mudah, jika temperatur mobil anda cepat menunjukkan H (Hot) pada indikator panas mesin, Anda bisa langsung membawa ke bengkel servis radiator.

Namun, jika tempratur masih normal, cobalah untuk menguras cairan radiator. Untuk mengurasnya, anda tidak perlu datang ke bengkel servis, Anda pun bisa mengurasnya sendiri. “Cara nguras Radiator cukup mudah kok. Para pemilik mobil bisa mengurasnya sendiri di rumah,” kata Faisal Nasution pemilik bengkel Anugrah PRM Racing Division yang berlokasi di Lenteng Agung Jakarta Selatan.

Faisal mengatakan langkah pertama adalah menghidupkan mobil sehingga kotoran yang mengendap ikut tersirkulasi. Setelah itu matikan mesin tunggu sampai aman. “Tunggu mesin sudah agak dingin untuk membuka tutup radiator,” katanya.

Berikutnya buka keran pembuangan yang ada di bagian bawah radiator, sambil memasukkan cairan baru dari bagian atas radiator.

Setelah cairan yang keluar menjadi bening tutup kembali keran pembuangan, kemudian isi kembali radiator sampai penuh. “Jangan lupa tabung cadangan untuk dibersihkan juga dan diisi ulang,” tutup Faisal.

Cukup mudah bukan? Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.

TITO LISTYADI

Loeb Kembali Tercepat di Etape 11, Peterhansel Masih Melenggang di Puncak Klasemen

RIO CUARTO, 16 Januari 2017 - Ajang Rally Dakar 2017 sudah memasuki 2 etape terakhir. Pada etape ke-11 yang digelar...

Honda Thailand Tingkatkan Produksi 10% Tahun Ini

BANGKOK, 16 Januari 2017 -- Setelah meluncurkan Honda City facelift, Honda Automobile Thailand (HAT) mengatakan akan meningkatkan produksi mobil di...

Toyota C-HR Dirakit di Indonesia dan Gunakan Mesin 1.5L?

JAKARTA, 16 Januari 2017 – Toyota dikabarkan akan segera memasakan Toyota C-HR di Indonesia. Tak hanya itu, mobil ini kabarnya...

Peterhansel Kembali Kuasai Klasemen Sementara

SAN JUAN, 15 Januari 2017 - Ajang Rally Dakar 2017 sudah memasuki etape 10 dimana sebelumnya sempat dibatalkannya 2 etape....

Honda Civic Type-R Prototype Panaskan Tokyo Auto Salon 2017

CHIBA, 15 Januari 2017 -- All New Honda Civic Type-R Prototype memanaskan ajang The 35th Tokyo Auto Salon 2017 yang...