Rise of the Dawn

Rise of the Dawn

Rools-Royce Dawn, super luxury for real stars

(Foto: Rolls-Royce Motor Cars)

Ketika supermodel Jodie Kidd muncul mendampingi Torsten Mueller Otvos sang CEO Rolls-Royce Motor Cars pada peluncuran model terbaru secara online, rasanya sudah mulai terbaca nuansa apa yang ingin dipresentasikan. Salah satu global fashion icon asal Inggris ini tampil semi casual dengan dress v-neck berwarna peach yang membuatnya terlihat seksi namun elegan dan berkelas.

Dan setelah tabir dibuka pada menit berikutnya, jelas sudah pesan apa yang dibawa oleh model terbaru bernama Dawn. Dan selanjutnya Torsten menguatkan dengannya dengan statement “Inilah Rolls-Royce terseksi yang pernah dibuat”.

Lalu apa hubungannya antara Jodie Kidd, pernyataan Rolls-Royce terseksi dengan Dawn? Mengapa tiba-tiba Dewi Aphordite turun dari khayangan saat langit memerah terbakar datangnya fajar? Apakah ini merupakan era baru dari pabrikan “Kelas Dewa” yang bermarkas di Goodwood, Inggris? Mari kita kupas lapisan-lapisannya hingga intinya.

19102015-Car-Rolls-Royce-Dawn_03

Menyelidiki apa yang ada di benak para desainer dalam menciptakan Dawn, Giles Taylor Director of Design Rolls-Royce Motor Cars mengungkap bahwa ide awalnya terpengaruh dari dua hal di masa silam. “Inspirasi pertama datang dari varian kami yang dilansir pada akhir tahun 1940an, Silver Dawn.

Inspirasi kedua berasal dari lekuk tubuh Anita Eckberg dalam adegan yang terkenal di Trevi Fountain, Roma di film La Dolce Vita,” jelas Taylor. Tapi jelas ini bukan serta merta menjadikan Dawn sebagai mobil blast from the past karena Rolls-Royce melakukan beragam penyempurnaan dan malah berakhir dengan membuat segmen baru.

First impression-nya justru mengarahkan ingatan pada Rolls-Royce Wraith coupe versi cabriolet atau droptop. Tapi segera ditepis Rolls dengan mengatakan bahwa kesamaan pada keduanya hanya pada bagian pintu dan bumper belakang. Dengan tegas mereka mengklaim bahwa 80% bagian-bagian tubuh Dawn adalah lansiran terbaru. Meski sepintas lalu lagi-lagi bak de javu, tampak ekspresi tampilan depan Dawn khususnya bagian headlight seperti resembling saudaranya, Ghost seri II.

19102015-Car-Rolls-Royce-Dawn_02

Di balik bonnet yang lebar dan memanjang bersemayam mesin berkonfigurasi V1w2 turbocharge. Dengan kapasitas 6,6 liter, mesin ini memiliki tenaga 563 hp yang dikombinasikan dengan transmisi otomatis 8-kecepatan. RR mengklaim bahwa lewat sumber tenaga tersebut Dawn dapat berakselerasi  0 – 100 km/jam kurang dari 5 detik sementara kecepatannya dibatasi hingga 250 km/jam.

Bagaimana ulasan lengkapnya? Simak Majalah Carvaganza edisi Oktober 2015 atau bisa diunduh lewat Scoop

Rolls-Royce Dawn

Layout kendaraan: Ultra Luxury Sedan-Convertible, mesin depan, 2-pintu, 4-penumpang, AWD
Mesin: V12 6.6L twin turbo / 563hp / 780Nm @ 1.500rpm
Transmisi: A/T 8-kecepatan ZF
Dimensi: 5285 x 1947 x 1502 mm
Wheelbase: 3112 mm
Bobot kosong: 2560 kg
Radius putar: 12,7 m
Volume bagasi: 244 – 295 liter
Top speed: 250kmh (dibatasi secara elektronik)
0-100km/jam: 4,9 detik
Emisi CO2: 330 g/km (estimasi)

ARIE PRASETYA, ALVANDO NOYA, MIRAH PERTIWI

JAKARTA, 9 Desember 2016 – PT Hyundai Mobil Indonesia (HMI), pemegang merek Hyundai di Indonesia, mengumumkan...

SURABAYA, 9 Desember 2016 - PT Krama Yudha Tiga Berlian Motors (KTB) selaku distributor resmi kendaraan Mitsubishi di Indonesia turut...

KUALA LUMPUR, 8 Desember 2016 -- The New Car Assessment Program for Southeast Asian Countries (ASEAN NCAP) merilis hasil uji...

SYDNEY, 9 Desember 2016 – SUV menengah terbaru Honda yaitu Honda CR-V sudah diperkenalkan Oktober lalu di Amerika Serikat. Salah...

JAKARTA, 9 Desember 2016 – Pasar kaca film di Indonesia bakal makin ramai dengan kehadiran pemain baru asal Amerika Serikat,...