Home Updates Masalah Airbag Takata, Toyota Indonesia Recall 40 Ribu Mobil

    Masalah Airbag Takata, Toyota Indonesia Recall 40 Ribu Mobil

    JAKARTA, 18 Juli 2016 — Problem airbag inflator lansiran Takata ternyata juga dialami oleh produk-produk dari Toyota Astra Motor (TAM). Untuk mengatasi persoalan ini, TAM mengadakan kegiatan recall yang mereka sebut dengan Special Service Campaign (SSC).

    Sejauh ini memang belum ada laporan kejadian kecelakaan yang masuk dari produk-produk TAM. Namun ini merupakan bagian dari layanan mereka kepada seluruh pelanggannya.

    Setidaknya terdapat 40.280 unit yang akan dilakukan perbaikan. Terdiri dari model-model sedan dan hatchback yaitu Toyota Camry, Toyota Corolla Altis, Toyota Vios dan Toyota Yaris tahun pembuatan 2001 sampai dengan 2008.

    “Informasi tentang kasus ini sudah kami dapatkan dari TMC Jepang sejak tahun lalu. Dan kami juga telah melakukan inventarisir sejak tahun lalu dengan menghubungi konsumen secara langsung,” ujar Henry Tanoto, Vice President TAM.

    Salah satu kesulitan yang dialami mereka adalah mengidentifikasi pemilik. Karena seperti kita ketahui kendaraan tahun-tahun tersebut sudah banyak yang berganti pemilik.

    “Kami terus melakukan investigasi terhadap kendaraan-kendaraan yang menggunakan komponen tersebut. Kalau pun ada kejadian yang melibatkan kendaraan yang menggunakan komponen tersebut, kami siap untuk menyelesaikan tanggung jawab sesuai dengan prosedur TAM,” jelas Henry.

    Malfungsi yang terjadi pada komponen airbag terbut memang tergolong fatal. “Karena kemungkinan besar fungsinya untuk memproteksi penumpang depan tidak bekerja sebagaimana mestinya,” kata Dadi Hendriadi, GM Technical Service TAM.

    Dadi menambahkan, jika ada konsumen yang memiliki kendaraan dalam rentang waktu produksi tersebut dapat langsung menghubungi TAM.

    “Ada dua mekanisme yakni langsung menghubungi costumer care TAM di 1-500-315 yang melani 24 jam atau dapat ke website www.toyota.astra.co.id/ssc dan memasukan biodata serta email dan nomer telpon,” tutup Dadi.

    ARIE PRASTZ

    Tata Motors Bidik Pertumbuhan 40% di Tahun 2017

    JAKARTA, 18 Januari 2017 - PT Tata Motors Distribusi Indonesia (TMDI) menyambut tahun 2017 dengan keyakinan tinggi. Mereka menargetkan pertumbuhan...

    Chevrolet Bangun Batmobile dari 344.187 Lego

    DETROIT, 18 Januari 2017 – Bersamaan dengan rencana peluncuran film The Lego Batman Movie, Chevrolet menampilan Batmobile yang keseluruhannya terbuat...

    Luncurkan RX 200t F SPORT, Lexus Pertahankan Pasar Segmen Luxury Medium SUV

    JAKARTA, 18 Januari 2017 -- Peluncuran Lexus RX 200t F SPORT menjadi upaya menggairahkan pasar serta membangun pasar medium SUV...

    INTERVIEW: Biswadev Sengupta, Step By Step

    Kehadiran mobil Tata di Indonesia tergolong sangat baru. Baru tiga tahun, namun sudah mencatat total angka penjualan lebih dari 3000...

    Lexus RX 200t F SPORT Keluarga Baru RX Resmi Masuk Indonesia

    JAKARTA, 18 Januari 2017 – Lexus Indonesia membuka tahun 2017 dengan luxury medium SUV terbaru. Melengkapi Lexus RX 200t Luxury,...