Home Updates Hamilton Kecelakaan, Rosberg Rebut Pole Position Pertama GP Eropa

    Hamilton Kecelakaan, Rosberg Rebut Pole Position Pertama GP Eropa

    BAKU, 18 Juni 2016 — Kecelakaan yang dialami Lewis Hamilton dalam sesi kualifikasi GP Eropa, Sabtu (18/6), memberikan keuntungan bagi rekan satu timnya di Mercedes, Nico Rosberg. Rosberg akan start dari pole position untuk pertama kalinya di Circuit City Baku, Minggu (19/6) besok.

    Setelah selalu kalah dari Hamilton di sesi free practice, Rosberg melejit pada babak kualifikasi. Ia berhasil mencatat waktu 1 menit 42.758 detik. Ini merupakan pole position ke-25 bagi Rosberg sepanjang karirnya.

    “Ini merupakan musim yang menantang tapi semuanya berjalan dengan baik. Saya sangat gembira dengan hasilnya,” kata Rosberg dalam konferensi pers usai kualifikasi seperti dilansir formula1.com.

    Meski demikian Rosberg mengatakan balapan besok tidak akan mudah. “(Baku) melakukan tugasnya dengan baik. Ini salah satu trek yang mudah untuk melakukan overtake. Besok akan menjadi balapan yang menarik.” katanya.

    Hamilton sebenarnya tampil menawan selama 3 sesi free practice, Jumat dan Sabtu, dimana ia selalu menjadi pembalap tercepat. Namun kecelakaan yang ia alami ketika menghantam dinding pada Turn 11 membuat pembalap asal Inggris ini harus memulai lomba dari posisi ke-10. “Saya menghantam apex dan itu zona pengereman yang buruk. Jika Nico melakukan start dengan baik besok, ia akan memimpin,” kata Hamilton.

    Sergio Perez (Force India) akan memulai balapan dari P2. Ia mencatat waktu 1 menit 43.515 detik atau 0.757 detik lebih lambat dari Rosberg. Ia diikuti Daniel Ricciardo (Red Bull Racing) serta dua pembalap Ferrari, Sebastian Vettel dan Kimi Raikkonen.

    Sementara pembalap Indonesia, Rio Haryanto, berhasil mencatatkan waktu terbaiknya dan akan start pada posisi ke-17 pada balapan besok. Rio mencatat waktu 1 menit 45.665 detik. Ini merupakan catatan waktu terbaik yang dibuat Rio selama babak kualifikasi. Ia hanya terpaut +0.116 detik saja untuk lolos ke Q2 untuk pertama kalinya.

    “Sebuah peningkatan yang luar biasa! Terima kasih sekali lagi atas semua dukungan yang terus mengalir!” tulis tim Manor Racing dalam akun Facebook resmi milik mereka.

    Berikut hasil lengkap babak kualifikasi Formula 1 GP Eropa, Baku, Azerbaijan, Sabtu (18/6):

    18062016-Car-EuropeGP-Q1_04

    RAJU FEBRIAN

    Berita Terkait:
    Ungguli 5 Pembalap, Rio Haryanto Start Posisi ke-17 di GP Eropa
    Rio Haryanto Melorot Lagi, Hamilton Masih Perkasa
    Sirkuit City Baku Bakal Banyak Makan Korban
    Rio Perbaiki Peringkat, Posisi ke-18 di FP2 GP Europe
    Duo Mercedes Memimpin, Rio Haryanto Posisi Buncit
    Grand Prix Baku, Sirkuit Terkencang F1

    New Mazda CX-4, The Latest Venture

    Perdebatan menarik sempat kami lakukan sebelum memutuskan untuk menurunkan New Mazda CX-4 sebagai tulisan on the cover majalah Carvaganza edisi...

    Nissan Belum Punya Rencana Khusus untuk Livina di Tahun 2017

    JAKARTA, 19 Januari 2017 -- Para pesaing Nissan Grand Livina sudah mengalami ubahan model. Lalu kapan PT Nissan Motor Indonesia (NMI) menghadirkan...

    Acciona 4×4 Mampu Melahap Seluruh Etape Rally Dakar 2017

    BUENOS AIRES, 19 Januari 2017 - Ajang Rally Dakar 2017 tak hanya menyajikan keseruan balapan tapi juga menyajikan banyak sekali...

    Nissan GT Academy Kembali Hadir di Layar Kaca

    JAKARTA, 18 Januari 2017 -- PT Nissan Motor Indonesia (NMI) meluncurkan program reality TV show motorsport pertama di Indonesia, Nissan GT Academy 2016. Acara...

    Ini Kota yang Akan Melarang Mobil di Tahun 2019

    MADRID, 18 Januari 2017 – Madrid, Spanyol, akan menjadi kota paling ramah bagi penghuninya. Wali kota Marid, Manuela Carmena, berencana...