Home Updates Rio Haryanto “Kedodoran” Pada Latihan Pertama di Albert Park

    Rio Haryanto “Kedodoran” Pada Latihan Pertama di Albert Park

    SHARE

    MELBOURNE, 18 Maret 2016 – Pembalap Formula 1 pertama dari Indonesia, Rio Haryanto, pada hari ini, Jumat (18/3), menjalani dua sesi free practice (FP) di Sirkuit Albert Park, Melbourne, Australia. Sesi pertama berlangsung pada pukul 12.30 – 14.00 waktu setempat atau sekitar pukul 9.00 WIB dilanjutkan dengan sesi kedua 16.30 – 18.00 waktu setempat.

    Dalam kondisi trek basah karena hujan pada sesi FP1, Rio sempat masuk gravel karena bannya kehilangan grip dalam kondisi basah. Insiden ini terjadi ketika sesi free practice pertama tinggal 10 menit lagi. Rio tampak sekali hati-hati ketika menikung maupun pada saat keluar tikungan. Sebagaimana rookie F1 yang sedang melahap Albert Park untuk pertama kalinya, Rio terlihat mempelajari setiap aspek bagian trek.

    Pada sesi FP1 Rio hanya mencatat waktu 1 menit 43,372 detik dan ia berada di urutan ke-19. Selisih waktu yang ia catat mencapat 13,647 detik dari Lewis Hamilton yang memuncaki sesi tersebut. Sedangkan rekan setimnya, Pascal Wehrlein, mencatat waktu yang lebih baik 1 menit 40,401 detik yang ia catat pada lap keenam sekaligus menempatkan di urutan ke-16. Selisih 2,971 detik lebih kencang dari Rio Haryanto.

    18032016-Car-F1-Rio-Haryanto_03

    Memasuki sesi kedua pada siang hari, hujan cukup deras. Genangan ada di beberapa titik, apalagi ketika latihan di atas menit ke-10. Esteban Gutierrez dari tim Haas keluar trek masuk gravel di Tikungan Pertama. Sergio Perez dari Force India juga ‘terpeleset’ di bawah guyuran hujan dan masuk rumput di tikungan yang sama.

    Karena kondisi basah pada PF2, para pembalap turun dengan ban intermediate. Hujan sempat berhenti dan trek mengering, beberapa pembalap mengganti dengan ban slick. Ternyata hujan turun lagi, Nico Rosberg menjadi korbannya. Mobil Mercedesnya mencium tembok di Tikungan 6 sehingga bagian nose rusak. Rosberg berhenti.

    Pada sesi kedua ini, Rio Haryanto mencatat waktu lebih baik yaitu 1:44,304 detik dan berada pada posisi ke-14. Selisih 5,463 detik dari Lewis Hamilton yang kembali menjadi yang tercepat FP2. Kevin Magnussen (Renault), rookie Jolyon Palmer (Renault), Felipe Massa (Williams) dan Valtteri Bottas (Williams) tidak mencatat waktu.

    Rio akan menjalani sesi free practice satu kali lagi besok hari Sabtu (19/3) dan juga sesi kualifikasi pada hari yang sama. Mari kita tunggu perkembangan Rio lainnya.

    EKA ZULKARNAIN

    Short URL:
    SHARE

    Nissan Terrano Muncul di Jawa Timur, Kapan Resmi Diluncurkan NMI?

    JAKARTA, 24 Januari 2017 -- Nissan Terrano yang pernah menjadi primadona pada jamannya kini akan siap mengaspal kembali di Tanah...

    Toyota Vios Facelift Meluncur di Thailand, Perubahan di Eksterior

    BANGKOK, 24 Januari 2017 - Toyota Motor Thailand baru saja meluncurkan mobil facelift terbaru mereka yaitu Toyota Vios Facelift. Small...

    Hella Klakson Vaganza Banjir Hadiah

    JAKARTA, 24 Januari 2017 - PT Sarana Berkat (SB) selaku distributor resmi produk aftermarket Klakson Hella di Indonesia menggelar sebuah...

    Isuzu Naikkan Target dan Tambah 24 Varian di 2017

    JAKARTA, 23 Januari 2017 -- Isuzu tak mau menerima begitu saja penjualan mereka yang turun di tahun 2016 lalu. Di...

    Penjualan Toyota C-HR Tembus Angka 48.000 Unit

    TOKYO, 23 Januari 2017 – Toyota C-HR crossover baru Toyota ternyata mendapat sambutan yang cukup antusias dari penggemar otomotof. Toyota...