Test Drive: Daihatsu Sigra, Bisa Juga Diajak Ngebut

Test Drive: Daihatsu Sigra, Bisa Juga Diajak Ngebut

JAKARTA, 17 Agustus 2016 – Setelah merasakan kabin Daihatsu All New Sigra, kini saya ingin mencoba performa mobil ini. Carvaganza mendapat kesempatan dari Daihatsu mengikuti “National Media Test Drive Astra Daihatsu Sigrayang dilakukan awal pekan ini. Sebanyak 25 jurnalis media nasional menjajal kemampuan dan kenyamanan Sigra dengan rute BSD Tangerang Selatan ke Sentul, Bogor, PP.

Saya sedikit takjub dengan Daihatsu Sigra tipe R 1.2 liter yang saya coba. Begitu duduk di balik kemudi bentuk kursi pas dengan postur tubuh saya, yang rada besar, sehingga saya dapat merasa nyaman. Ketika menutup pintu mobil, suara bantingan pintu terasa halus tidak terdengar cempreng.

Posisi tuas perseneling dengan setir pun tak terlalu jauh meski sedikit kagok karena berada di tengah dashboard. Apalagi ketika merasakan transmisi manual karena biasanya saya menggunakan transmisi manual dengan tuas di samping kiri kursi pengemudi. Tapi posisinya pas sehingga saya tak perlu menggeser tubuh untuk memindahkan perseneling. Pengemudi juga dimanjakan dengan armrest di bagian kanan dan kiri bangku.

Saya beralih ke kursi bagian belakang, ketika duduk di bagian tengah saya merasakan legroom yang cukup luas meski pengaturan kursi berada di paling depan. Saya menyetel posisi kursi di paling depan agar penumpang yang berada di kursi baris ketiga dapat nyaman duduk di belakang.

17082016-Car-Daihatsu-Sigra_04

Sekarang kita bicara performa. Saat berangkat dari BSD menuju kawasan Sentul City, di Toll Jorr kami langsung disuguhkan dengan lalu lintas yang cukup padat. Dengan dimensi panjang 4.070mm, lebar 1.655mm, dan tinggi 1.600mm, Sigra cukup lincah bermanuver. Ketika belok dengan cukup berat, saya tidak merasakan limbung yang cukup parah. Bantingan suspensinya ketika melibas jalan bergelombang pun tak terlalu keras. Feedback kemudi lumayan responsif.

Menggunakan mesin baru 3NR-VE, 4 silinder segaris 16 valve, DOHC Dual VVT-i berkapasitas 1.197cc, tarikan mobil ini cukup responsif. Ketika lalu lintas cukup lengang, saya bisa menggeber mobil ini hingga menyentuh 120 km/jam. Dalam kecepatan setinggi itu, saya tidak merasakan limbung.

Performa dari mesin 3NR-VE, DOHC Dual VVT-i yang memiliki tenaga 88 ps begitu terasa pada 6000 rpm. Saya sempat mencoba kedua transmisi yang disediakan oleh Daihatsu, manual 5 kecepatan dan otomotis 4 kecepatan. Tenaga mesin begitu terasa di rpm tinggi, namun jika anda menutup gas kemudian gas kembali, anda harus memindahkan gigi yang lebih rendah agar bisa mendapatkan tenaga yang besar.

17082016-Car-Daihatsu-Sigra_02

Total ada 10 tipe yang ditawarkan Daihatsu, baik mesin 1.0L maupun 1.2L  dengan rentang harga Rp 106,6 juta hingga Rp 147,350 juta. Mobil ini akan bersaing dengan saudara kandungnya, Calya, yang dijual 132,450 juta hingga Rp 150 juta dan Datsun GO+ yang berada direntang Rp 94,6 juta – Rp 118,460 juta.

Satu lagi yang juga tak kalah penting, konsumsi bahan bakar juga cukup bagus. Daihatsu mengklaim mobil ini konsumsi bahan bakarnya adalah 21 km/ liter. Sedangkan konsumsi bahan bakar yang kami hasilkan ketika mencoba mobil tersebut mencapai 19 km/ liter.

Dari uji coba ini, Daihatsu Sigra cukup pas untuk menemani kegiatan Anda sehari-hari maupun untuk jalan-jalan dengan keluarga. Oke juga….

TITO LISTYADI

JAKARTA, 2 Desember 2016 - PT Nissan Motor Indonesia (NMI) mendapatkan penghargaan bergengsi dari ajang Indonesia PR of The Year...

JAKARTA, 2 Desember 2016 -- PT Astra Daihatsu Motor (ADM) kembali menggelar Daihatsu Skill Contest khusus untuk guru dan siswa...

BANDUNG, 2 Desember 2016 -- PT. Nissan Motor Indonesia pada hari ini Jumat (2/12) menyelenggarakan Nissan Media Workshop 2016 di...

JAKARTA, 2 November 2016 – Toyota Etios Valco ternyata gagal bersaing di pasar Indonesia. Hatchback dengan mesin 1,2 liter itu...

STOCKHOLM, 2 Desember 2016 -- Volvo V90 dipilih sebagai anggota terbaru dari armada Kepolisian Swedia. Keputusan ini menyusul hasil memuaskan...