Menyaksikan Proses Pembuatan Mesin Innova dan Fortuner

Menyaksikan Proses Pembuatan Mesin Innova dan Fortuner

(Foto; Eka Zulkarnain/Carvaganza)

JAKARTA, 15 Januari 2016 – Kesempatan langka didapatkan Carvaganza, hari ini, Jumat (15/1). PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN) memberikan kesempatan mengunjungi fasilitas pembuatan mesin mobil Toyota Kijang Innova dan Toyota Fortuner di Plant Sunter, Jakarta Utara.

Pabrik di Sunter ini khusus memproduksi mesin bensin Kijang Innova dan Fortuner. Sedangkan mesin diesel untuk keduanya didatangkan dari Thailand.

Mesin-mesin yang diproduksi di Plant Sunter ini diekspor ke lebih dari 10 negara di kawasan Asia, Afrika dan Amerika Latin. Selain memproduksi mesin bensin, Plant yang berada di bawah naungan TMMIN juga memproduksi mesin ethanol untuk diekspor ke Argentina dan Brasil. Mesin tersebut dikapalkan ke Argetina untuk dirakit pada pick-up Toyota Hilux dan dijual di Brasil.

Toermoedi Soejiargiono, associate director Sunter Plant, mengatakan bahwa 70 persen mobil Fortuner yang terjual di Indonesia selama 2015, mesinnya dihasilkan dari Sunter Plant. “Untuk Kijang innova, 30 persen mobil Kijang Innova yang terjual di Indonesia selama periode yang sama, mesinnya diproduksi di sini,” katanya.

Pada kesempatan plant visit tersebut, Carvaganza juga mendapat kesempatan melihat langsung casting block mesin. Api yang panasnya mencapai 1500 derajat Celcius dituangkan ke dalam cetakan-cetakan yang terbuat dari pasir. Pasir tersebut diimpor langsung dari Australia dan memiliki kemampuan tahan panas sampai 1800 derajat Celcius.

Tuangan besi cair panas itulah yang pada akhirnya membentuk blok mesin yang dipakai oleh Kijang Innova dan Fortuner setelah terlebih dulu melalui proses yang cukup rumit.

EKA ZULKARNAIN

Berita Terkait:
Toyota Indonesia Ekspor Lebih 176 Ribu Mobil

JAKARTA, 8 November 2016 – Honda raih empat penghargaan dalam ajang Indonesia WOW Service Excellence Award 2016 yang diadakan hari Kamis...

JAKARTA, 9 Desember 2016 – Toyota All New Sienta yang diluncurkan pada April 2016 berhasil meraih penghargaan prestisius sebagai “Product...

JAMBI, 9 Desember 2016 - PT Krama Yudha Tiga Berlian Motors (KTB) selaku dealer resmi kendaraan Mitsubishi di Indonesia bekerja...

JAKARTA, 9 Desember 2016 --  Nusantara Ford selaku dealer resmi kendaraan Ford di Indonesia menggelar program promo “Year End Aftersales...

JAKARTA, 9 Desember 2016 – PT Hyundai Mobil Indonesia (HMI), pemegang merek Hyundai di Indonesia, mengumumkan...