Mitsubishi Rombak Struktur Bisnis di Indonesia

Mitsubishi Rombak Struktur Bisnis di Indonesia

JAKARTA, 14 Oktober 2016PT Krama Yudha Tiga Berlian Motors (KTB) selaku distribusi resmi kendaraan merek Mitsubishi di Indonesia bakal melakukan perombakan struktur bisnisnya di Indonesia.

Presiden Direktur PT KTB, Hisashi Ishimaki mengungkapkan rencana perubahan struktur bisnis tersebut didorong permintaan untuk memperluas pasar kendaraan Mitsubishi di Indonesia.

PT KTB sendiri pertama kali berdiri di Indonesia tahun 1970. Kegiatan bisnisnya di jalankan oleh PT Krama Yudha (KY) dengan mitranya Mitsubishi Corporation (MC). KTB secara cepat berkembang dan mempertahankan posisinya sebagai pemimpin pasar untuk commercial vehicle (CV) atau kendaraan niaga.

Pasar otomotif Indonesia diprediksi terus berkembang dan meningkat, karena itu KTB bersama para pemegang saham telah mempelajari bermacam kebijakan agar dapat memperluas bisnis kendaraan Mitsubishi.

Hasil dari pembelajaran tersebut, KTB memutuskan pembagian operasional bisnis di bawah dua merek menjadi Mitsubishi Fuso Truck and Bus Corporation (MFTBC) untuk bisnis CV dan Mitsubishi Motors Corporation (MMC) untuk bisnis passenger car dan light commercial vehicle (LCV).

Saat ini KTB adalah perusahaan manufaktur dan distributor untuk merek MFTBC dan MMC. Rencananya perombakan akan dilakukan bisnis yang terkait MMC (PC dan LCV) akan dialihkan dari KTB ke entitas lain sebagai berikut:

1. Mengalihkan bisnis manufaktur MMC ke PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Indonesia (MMKI) yang didirikan pada Desember 2014.
2. Mengalihkan bisnis distribusi MMC ke perusahaan baru yang sedang dipersiapkan.
3. Melakukan reorganisasi bisnis KTB saat ini menjadi perusahaan yang hanya bergerak di bisnis MFTBC dan memiliki dua fungsi sebagai manufaktur serta distributor.

Perubahan bisnis baru tersebut akan dimulai pada April 2017 dengan struktur kepemilikan seperti berikut ini:

1. Perusahaan baru sebagai distributor MMC: MC 40 persen, KY 30 persen, dan MMC 30 persen.
2. Pada KTB saat ini sebagai manufaktur dan distributor dari MFTBC: KY 40 persen, MC 30 persen, dan MFTBC 30 persen.

TITO LISTYADI

JAKARTA, 2 Desember 2016 -- PT Astra Daihatsu Motor (ADM) kembali menggelar Daihatsu Skill Contest khusus untuk guru dan siswa...

BANDUNG, 2 Desember 2016 -- PT. Nissan Motor Indonesia pada hari ini Jumat (2/12) menyelenggarakan Nissan Media Workshop 2016 di...

JAKARTA, 2 November 2016 – Toyota Etios Valco ternyata gagal bersaing di pasar Indonesia. Hatchback dengan mesin 1,2 liter itu...

STOCKHOLM, 2 Desember 2016 -- Volvo V90 dipilih sebagai anggota terbaru dari armada Kepolisian Swedia. Keputusan ini menyusul hasil memuaskan...

JAKARTA, 2 Desember 2016 - Kabar mengejutkan datang dari Toyota. Salah satu mobil hatchback bermesin 1.2 liter milik mereka yaitu...