(Foto-foto: Adun/Carvaganza)

JAKARTA, 13 Januari 2016 – Kami lumayan terkejut ketika pertama kali menyaksikan penampilan Infiniti QX80. Saat pertama kali SUV ini tiba di kantor kami di kawasan Senayan kami dibuat terkagum-kagum dengan tubuhnya yang besar.

Hmm… coba bayangkan besarnya Infiniti QX80 dengan perbandingan ini. Daihatsu Ceria milik seorang rekan di kantor, total panjangnya hampir sama dengan panjang kabin Infiniti QX80. Padahal Ceria memiliki panjang 3960 mm. Bahkan tinggi total Ceria, 1545mm, kalah tinggi dengan kap mesin SUV milik Infiniti ini.

Yap, Luxury SUV keluaran Infiniti ini memang punya tubuh yang tinggi besar. Large SUV ini bertarung dengan raksasa lainnya seperti Lexus LX, Range Rover, dan Mercedes-Benz GL-Class.

12012016-Car-Infiniti-QX80_02

Total, Infiniti QX80 memiliki panjang 5306 mm, lebar 2029 mm, dan tinggi 1925 mm. Dilihat dari fisiknya, Infiniti QX80 lebih panjang dan tinggi dari Range Rover, GL-Class dan LX. Hanya Range Rover sedikit lebih lebar dari QX80.

Tampilan besarnya juga terlihat dari velg yang digunakan. Infiniti QX80 menggunakan velg alloy alumunium berukuran 22 x 8.0 inci dengan desain 7 palang. Velg ini dilengkapi ban 275/50 R22. Plus, mobil ini memiliki bobot 2744 kg, tak heran jika mobil ini terlihat begitu kokoh dan besar.

Tubuh besarnya ini tentu saja punya plus minus. Plus, ketika berada di jalan, kita bagaikan seorang primadona karena tubuhnya yang sangat besar, gampang terlihat.

12012016-Car-Infiniti-QX80_03

Biasanya kita beranggapan bahwa sebuah mobil yang besar akan sedikit susah untuk diajak berlari. Namun berbeda dengan Infiniti QX80, mobil ini dapat dengan mudah menyentuh kecepatan 130 km/jam hanya dengan mengurut gasnya layaknya sebuah mobi sedan. Infiniti mengklaim mobil ini bisa berlari 0-100 km/jam dalam 6,8 detik saja.

Kemampuan ini berkat mesinnya yang juga besar. Infiniti QX80 menggunakan mesin 5.6 liter V8 dengan tenaga 400 hp pada 5800 rpm dan torsi 599 Nm pada 4000 rpm. Kemampuan mesin diatur lewat tranmisi 7-speed automatic with Adaptive Shift Control (ASC). Transmisi ini juga bisa dikendalikan seperti transmisi manual berkat manual shift mode.

Nah, bodi plus tenaga besar ini memang membuat kita harus ekstra hati-hati. Terutama menghadapi jalanan yang agak sempit atau berada di kemacetan lalu lintas seperti Jakarta. Toh, ketika kami menjajal mobil ini malam hari, keraguan itu hanya di awal saja. Setelah 15 menit, mobil ini ternyata sangat “easy handling.”

12012016-Car-Infiniti-QX80_04

Besarnya bodi “diakali” Infiniti dengan teknologi Around View Monitor with Front and Rear Sonar Systems serta Infiniti Intelligent Key with Push Button Ignition. Teknologi ini menggabungkan sensor, yang ditempatkan di bagian depan dan belakang bodi. Semua kondisi sekeliling mobil kemudian ditampilkan di layar 8-inch WVGA color touch-screen display. Dengan demikian kita dengan mudah memonitor keadaan di sekeliling mobil.

Soal kenyamanan tak perlu banyak komentar. Penumpang dimanjakan dengan interior bermaterial kelas atas plus ruang yang lapang baik dari baris pertama hingga baris ketiga.

Ketika kami mencoba untuk di kursi kedua, yang bergaya captain seat, kaki bisa selonjoran dengan nyaman. Kami langsung disuguhkan dengan layar yang terdapat di belakang headrest bangku depan. Untuk menikmati hiburan ada tambahan headphone merek BOSE di konsol tengah antara bangku baris kedua.

12012016-Car-Infiniti-QX80_06

Selain itu, kami juga dimanjakan dengan adanya sebuah pemanas yang disematkan di balik kursi dari Luxury SUV ini. Kesan luxury dari QX80 terpancarkan berkat beberapa ornamen kayu yang disematkan di sekujur interiornya.

Tambahan kenyaman disematkan Infiniti lewat Bose 15-speaker Premium Audio system, USB connection port for iPod interface and other compatible devices, Streaming Audio via Bluetooth, dan Bluetooth Hands-free Phone System.

Infiniti QX80 memang digadang akan memanjakan para konsumen mereka di kelas premium dan memiliki DNA dari keluarga Nissan yakni Patrol yang sudah melegenda. Nah, rasanya banderol Rp 2,599 miliar yang dibayarkan untuk mendapatkan mobil ini cukup sepadan.

TITO LISTYADI

Berita Terkait:
Infiniti QX80, Huge SUV
Infiniti QX80 Diperkenalkan Hari Ini
Infiniti QX80 Dibanderol Rp 2,599 Miliar