Home Updates Toyota Calya dan Daihatsu Sigra, Siap Geser Datsun Go+

    Toyota Calya dan Daihatsu Sigra, Siap Geser Datsun Go+

    SHARE

    JAKARTA, 10 Agustus 2016Toyota dan Daihatsu secara resmi meluncurkan mobil kolaborasi mereka yaitu Toyota Calya dan Daihatsu Sigra. Kedua mobil tersebut berada di segmen LCGC 7-Penumpang yang saat ini sudah dihuni oleh Datsun Go+. Bagaimana perbandingan ketiganya?

    Kehadiran keduanya seperti akan menjadi mimpi buruk bagi Datsun Go+. Dalam tiga tahun terakhir Datsun Go+ merupakan pemain tunggal pada segmen LCGC 7-penumpang. Datsun sendiri mulai di produksi di Indonesia sejak tahun 2012, dan merajai pasarnya sendirian tanpa ada kompetitor. Selama semester pertama 2016 sendiri Datsun Go+ sudah terjual sebanyak 12.585 unit.

    Dengan hadirnya Calya dan Sigra, apakah Datsun Go+ akan tetap merajai pasar di segmen LCGC 7-penumpang? Kita memang masih belum mengetahui pasti.

    Dari sisi mesin keduanya memiliki perbedaan silinder yang digunakan meski kapasitasnya sama. Toyota Calya dan Sigra dibekali dengan mesin terbaru 3NR-VE 1.2 liter 4 silinder Dual VVT-i yang memiliki tenaga 86 hp. Di sini Calya dan Sigra punya keunggulan. Datsun Go+ dibekali mesin baru juga HR15DE 1.2 liter 3 silinder DOHC 67 hp.

    Dari segi dimensi pun memiliki perbedaan yang cukup jauh. Toyota Calya dan Daihatsu Sigra memiliki wheelbase 2.525 mm sedangkan Datsun Go+ 2.450 mm. Kemudian untuk panjang lebar dan tinggi Calya dan Sigra 4.070 x 1.655 x 1.600 mm, sedangkan Datsun Go+ 3.955 x 1.635 x 1.490 mm.

    Nah, keduanya sama-sama menyajikan kursi 3 baris. Namun yang membedakan adalah ketika kursi baris ketiga Datsun Go+ di buka, di belakang kursi tersebut anda tidak bisa menyimpan barang. Sedangkan Calya dan Sigra di bagian belakang masih bisa memuat barang misalnya 3 galon air mineral.

    Dari segi harga pun memang terpaut cukup jauh Toyota Calya dibanderol mulai dari Rp 129,65 juta hingga Rp 150 juta. Untuk Daihatsu Sigra dibanderol mulai dari Rp 106 juta hingga Rp 149 juta. Nah Datsun membanderol GO+ mulai dari Rp 94,6 juta hingga Rp 118,45 juta. Di sini, Datsun punya nilai plus.

    Dengan kata lain, ketiga mobil ini masing-masing punya kelebihan dan kekurangan. Tergntung apa yang menjadi kebutuhan Anda membeli mobil, kemampuan finansial, dan layanan after sales.

    TITO LISTYADI

    SHARE

    Test Drive Hyundai, Dapatkan Angpao Menarik

    JAKARTA, 20 Januari 2017 – PT Hyundai Mobil Indonesia membuka tahun 2017 dengan menggelar promo menarik. Promo dalam rangka menyambut...
    video

    VIDEO: Rimac Concept_One Vs Bugatti Veyron

    ZAGREB, 19 januari 2017 – Dari judulnya sudah jelas, inilah video yang memperlihatkan pertarungan antara Rimac Concept_One dan Bugatti Veyron....

    Ford Bronco Gunakan Platform Ford Everest

    DETROIT, 19 Januari 2017 - Kabar Ford akan kembali membangun SUV legendarisnya yang sudah lama tertidur semakin terkuak. Kabar terakhir...

    AutoPro Indonesia 2017 Pamerkan Produk Aftermarket Unggulan

    JAKARTA, 19 Januari 2017 - Ajang pameran dipercaya masih bisa dimanfaatkan oleh merek-merek produk untuk memasarkan produk terbaik mereka. Melihat...

    BMW Perlihatkan Tampilan BMW 4-Series 2018

    MUNICH, 19 Januari 2017 - BMW akhirnya memperlihatkan tampilan terbaru dari BMW 4-Series mereka. Tak tanggung-tanggung, ubahan yang dilakukan meliputi...