Hypercar Mercedes-AMG Bakal Gunakan Mesin F1

Hypercar Mercedes-AMG Bakal Gunakan Mesin F1

MUENCHEN, 8 Oktober 2016 — Pada ajang Paris Motor Show 2016 yang lalu, Mercedes-AMG menyatakan mereka akan membangun sebuah hypercar yang akan dilengkapi pelbagai teknologi yang disadur dari mobil Formula 1. Apa maksudnya?

Menurut laporan CarAdvice, Ketua Eksekutif Mercedes-AMG, Tobias Moers mengatakan, “Jika kami tidak mengatakan akan ‘mengambil inspirasi.” Moers secara tersirat mengatakan jika hypercar yang tengah dibangun itu benar-benar akan menggunakan perangkat seperti mobil Formula 1 F1 W07 yang digunakan tim Mercedes-AMG Petronas. Ini antara lain termasuk mesin 1.6 liter turbo V6 90 derajat serta sistem elektronik dan Energy Recovery System (ERS).

Moers juga menyatakan bahwa mobil ini nantinya juga akan menggunakan bodi yang sebagian terbuat dari karbon dan sistem aerodinamik aktif. Ditambahkan Moers, “Kami akan memastikan (mesin F1) tersebut beroperasi sehingga mungkin pada 15,000 rpm, dan mungkin kami akan mengurangkannya sedikit untuk kegunaan di jalan raya.”

Mesin ini akan diracik untuk mendapatkan tenaga sekitar 1000 hp. Hal ini ditujukan agar ia bisa bersaing dengan hypercar lainnya Aston Martin dan Red Bull Racing.

Ketika ditanya tentang kesesuaian mesin dengan mobil produksi jalanan, khususnya penggunaan bahan bakar, Moers mengatakan pihaknya akan melakukan perubahan pada berberapa bagian. “Nantinya tentu aka nada perbedaan, tapi kami memastikan perbedaan itu tidak akan jauh.”

Mobil ini rencananya akan tampil dalam bentuk konsep ada perayaan ulang tahun ke-50 AMG. Pembangunan akan melibatkan pembalap juara dunia F1 Mercedes-AMG Petronas, Lewis Hamilton. Hypercar dua tempat duduk ini disebutkan hanya akan diproduksi lebih dari 300 unit.

RAJU FEBRIAN

JAKARTA, 8 November 2016 – Honda raih empat penghargaan dalam ajang Indonesia WOW Service Excellence Award 2016 yang diadakan hari Kamis...

JAKARTA, 9 Desember 2016 – Toyota All New Sienta yang diluncurkan pada April 2016 berhasil meraih penghargaan prestisius sebagai “Product...

JAMBI, 9 Desember 2016 - PT Krama Yudha Tiga Berlian Motors (KTB) selaku dealer resmi kendaraan Mitsubishi di Indonesia bekerja...

JAKARTA, 9 Desember 2016 --  Nusantara Ford selaku dealer resmi kendaraan Ford di Indonesia menggelar program promo “Year End Aftersales...

JAKARTA, 9 Desember 2016 – PT Hyundai Mobil Indonesia (HMI), pemegang merek Hyundai di Indonesia, mengumumkan...