Home Updates KIA Hadirkan Transmisi Otomatis 8-Kecepatan

    KIA Hadirkan Transmisi Otomatis 8-Kecepatan

    SHARE

    SEOUL, 8 September 2016KIA Motors hadirkan transmisi otomatis terbaru dengan gear yang berjumlah 8 buah. Unit yang diberi nama FWD 8AT ini memiliki beberapa kelebihan di antaranya adalah responsif, halus dalam perpindahan gear dan konsumsi BBM menjadi lebih efisien.

    Yang menariknya adalah transmisi ini memiliki bobot yang lebih ringan dari transmisi 6-kecepatan yaitu 3,5 kg. Dimensi yang dimiliki oleh transmisi 8-kecepatan ini cukup kompak, dibuktikan dengan dapat bertengger di posisi yang sama dengan transmisi 6-kecepatan.

    Pabrikan Kia telah mengembangkan transmisi ini sejak tahun 2012 dengan mendaftarkan 143 paten atau hak cipta untuk transmisi baru tersebut. Transmisi otomatis 8-kecepatan untuk menggerakkan roda depan ini akan digunakan pertama kali pada KIA Cadenza di tahun 2017, yang mengusung mesin  V6 3.3 liter GDI dan Cadenza akan menjadi sedan andalan Kia di tahun depan.

    Tantangan terbesar yang dialami saat mengembangkan transmisi  adalah bagaimana cara memperkecil ukuran oil pump.  Bagian tersebut disinyalir menjadi penyebab berkurangnya tenaga yang cukup banyak dan hal itu juga menjadi kendala besar pada saat Kia mengembangkan transmisi yang  sebelumnya.

    Kedepannya, pabrikan mobil asal Korea Selatan ini akan memasang transmisi 8-kecepatan di model-model Kia yang terbaru, khususnya akan dipadukan dengan mesin berkapasitas besar berpenggerak roda depan.

    Sebenarnya Kia sudah pernah menggunakan transmisi otomatis 8-kecepatan pada mobil flagshipnya yaitu K900. Hanya saja transmisi yang digunakan adalah produksi dari Hyundai dan untuk menggerakkan roda belakang.

    TITO LISTYADI

    Short URL:
    SHARE

    Mitsubishi Fuso Gelar Kontes Modifikasi Colt Diesel

    JAKARTA, 21 Januari 2017 - Ajang modifikasi tidak hanya berlaku untuk kendaraan penumpang roda empat dan roda dua saja. Namun...

    AXIC Kopdar Lintas Chapter dan Cabang 2017 Diikuti 200 Member

    JAKATA, 20 Januari 2017 – Tak kurang dari 200 member mengikuti Kopdar Lintas Chapter dan Cabang (KLCC) komunitas AvanzaXenia Indonesia...

    Mitsubishi Colt Diesel Bikin Rekor, Capai Penjualan 1 Juta Unit Hari Ini

    JAKARTA, 20 Januari 2017 – Rekor baru dibuat berhasil dibuat PT Krama Yudha Tiga Berlian Motors (KTB). Salah satu produk...

    Porsche Bikin Rekor Penjualan Baru, Jual 237 Ribu Kendaraan

    STUTTGART, 20 Januari 2017 – Tahun 2016 menjadi tahun terbaik bagi Dr. Ing. h.c. F. Porsche AG. Produsen mobil sport...

    Daihatsu Sigra Raih 4 Bintang ASEAN NCAP

    KUALA LUMPUR, 20 Januari 2017 - Saudara kembar Toyota Calya yaitu Daihatsu Sigra juga sudah mengikuti uji tabrak dari ASEAN NCAP...