Home Updates Nissan Grand Livina dan Datsun GO+ Panca Masih Jadi Favorit

    Nissan Grand Livina dan Datsun GO+ Panca Masih Jadi Favorit

    SHARE

    JAKARTA, 6 Oktober 2016 – Masuknya beberapa model SUV ternyata belum menggesert kendaraan Multi Purpose Vehicle (MPV) sebagai pilihan favorit bagi pecinta otomotif  Tanah Air. Selain irit BBM, mobil jenis ini dinilai lebih efisien karena mampu menampung hingga 7 penumpang. Demikian juga dengan produk MPV milik PT Nissan Motors Indonesia (NMI) melalui brand Nissan maupun Datsun.

    Dari data penjualan wholesales Gaikindo, sejak Januari hingga Agustus 2016, tercatat bahwa untuk brand Nissan,  penjualannya mencapai 9.980 unit. Grand Livina didapuk menjadi penyumbang terbanyak penjualan hingga 4.076 unit, disusul Nissan Xtrail 2.169 unit. Sedangkan sisanya dari mobil penumpang seperti Nissan Serena, March, Juke, Evalia, dan lainnya.

    Sementara itu, untuk penjualan Datsun pada Januari-Agustus 2016 mencapai 23.028 unit, yang terdiri dari 7.479 unit Datsun GO Panca dan 15.549 unit Datsun GO+ Panca.

    “Kami melihat tipe mobil favorit masyarakat Indonesia masih menyukai mobil Multi Purpose Vehicle (MPV). Hal ini bisa dilihat dari penjualan Grand Livina yang masih memberikan kontribusi terbesar untuk Nissan dan Datsun GO+ untuk Datsun,” ujar Head of Communication Nissan Motor Indonesia, Hana Maharani, kepada Carvaganza, Kamis (6/10).

    Meski demikian Hana mengakui jika trend mulai bergerak ke Sport Utility Vehicle (SUV) karena cocok dengan jalanan di Indonesia. “Dengan terus berkembangnya pasar SUV ini, kami menyiapkan Nissan X-Trail dan Juke untuk bersaing di segmen ini,” jawab Hana.

    Ketika disinggung soal favorit konsumen Tanah Air, ia menuturkan jika saat ini untuk beberapa kota besar di Indonesia, penjualan kendaraan bertransmisi otomatis menunjukan tren peningkatan permintaan yang cukup tinggi ketimbang transmisi manual.

    “Kami melihat untuk di wilayah kota-kota besar seperti Jakarta, Bandung dan Surabaya, penjualan mobil bertransmisi automatic terus naik. Di NMI sendiri, penjualan mobil bertransmisi automatic sebesar 68 persen, sementara manual 32 persen,” pungkas Hana.

    SEPTIAN TRI KUSUMA

    SHARE