Home Blogs Ini Tips Simpel Hemat BBM Ketika Berkendara

Ini Tips Simpel Hemat BBM Ketika Berkendara

SHARE

JAKARTA, 3 Oktober 2016 – Hematnya bahan bakar sebuah mobil tidak selalu dipengaruhi dari mesin mobil itu sendiri namun perilaku menyetir pun turut ambil peran. Jika Anda terlalu menggeber mobil, maka konsumsi bahan bakarnya pun akan semakin boros.

Faisal Nasution pemilik bengkel Anugrah PRM Racing Division di bilangan Lenteng Agung, Jakarta Selatan memberikan beberapa tips yang dapat Anda lakukan ketika mengendarai mobil jika ingin bahan bakar lebih hemat. “Caranya cukup mudah kok, namun faktor yang paling utama sih harus bisa lebih sabar di jalan,” tambahnya.

Untuk mobil yang menggunakan transmisi manual, perpindahan gigi harus dilakukan dengan halus. Dalam artian menekan dan melepas pedal gas dan kopling dilakukan dengan cara perlahan. Perpindahan gigi sebaiknya dilakukan pada putaran 2500-3500 rpm tergantung kendaraan yang kita gunakan. Jika menggunakan MPV, perpindahan gigi maksimal dilakukan pada 3500 rpm.

Jika menggunakan transmisi otomatis, injakan pada pedal gas saat berakselerasi harus dilakukan dengan cara bertahap jangan langsung ditekan habis. Namun injakan pedal gas tersebut juga berlaku pada mobil dengan transmisi manual.

Oh ya, ketika melakukan perjalanan dalam kondisi jalan lancar, usahakan rpm tidak melebihi putaran 3500 rpm. Dengan begitu, aliran bahan bakar pun akan lebih tertahan.

Mudah kan? Selamat mencoba !

TITO LISTYADI

SHARE