Home EDITOR'S PICKS Siapa yang Bakal Mendominasi Red Bull Ring?

Siapa yang Bakal Mendominasi Red Bull Ring?

JAKARTA, 1 Juli 2016 — Setelah kita disuguhkan balapan street circuit di Baku, Azerbaijan, dua minggu lalu, balapan putaran ke-9 Formula 1 akan menyambangi daerah perbukitan Spielberg, Austria. Treknya simpel, 9 tikungan kecepatan tinggi dengan trek-trek lurus, tikungan terbuka dan cukup teknikal.

Sirkuit Red Bull Ring memiliki tiga trek lurus di mana mobil F1 bisa dipacu sampai kecepatan di atas 300km/jam sehingga trek ini disebut sebagai trek yang mengandalkan tenaga. Jika dilihat dari delapan putaran ke belakang.

Di atas kertas tim Mercedes akan lebih unggul di sini dibandingkan dengan Red Bull sebagai tim kandang, yang sepanjang musim ini agak keteteran. Sedangkan Renault mulai memperlihatkan perkembangan positif sejak GP Monaco dan Kanada, tapi masih di bawah mesin Mercedes dan Ferrari.

Bagi Ferrari, sirkuit ini bisa memberikan keberuntungan meskipun pada putaran-putaran sebelumnya didera sejumlah kesalahan. Yang pasti, jika Ferrari mampu melakukan improvement dan memiliki strategi yang lebih baik, bukan tak mungkin Kimi Raikkonen ‘mengambil’ keuntungan dari Lewis Hamilton atau pun Nico Rosberg. Sebastian Vettel dan Kimi Raikkonen tetap menjadi ancaman bagi duet Brackley. Kimi maupun Ferrari kemungkinan akan menerapkan strategi race yang agresif untuk beradu langsung dengan Mercedes.

Chief Technical Officer Williams, Pat Symonds, mengakui bahwa pengaturan pemakaian ban pada balapan hari Minggu nanti (03/6) akan lebih sulit karena beberapa bagian trek di aspal ulang. Otomatis bisa membuat ban bekerja lebih keras, apalagi kalau cuaca nanti tidak menentu. “Kami melihat ada dua perbedaan yang cukup signifikan. Pertama cuaca yang diprediksi tidak menentu pada Jumat dan Sabtu dan Minggu memang berpotensi kering,” ujar Pat.

29062016-Car-Red-Bull-Ring_02

Kondisi ini tentu juga akan menyulitkan tim lain seperti Force India, yang sekarang di papan tengah, meskipun dari performa sudah lebih baik  sejak melakukan penyempurnaan pada chassis di Barcelona. Kesulitan juga akan diterima tim bawah seperti Sauber maupun Manor.

Dalam pemilihan ban, kompon ban mandatory untuk Red Bull Ring adalah Soft dan Supersoft. Pirelli sendiri sudah mengalokasikan kompon merah dan kuning ditambah dengan Ultrasoft (corak ungu) untuk Austria. Tim Mercedes sudah memilih 8 set ban Ultrasoft, 7 Supersoft dan 3 Soft. Ferrari memilih 9 set Ultrasoft, 1 set Soft dan 3 set Supersoft. Maka bisa dipetakan bahwa tim papan atas akan mengandalkan ban corak ungu di balapan nanti.

Kombinasi Soft dan Supersoft sudah pernah dipakai di Monaco dan Montreal beberapa waktu lalu namun dari kedua balapan tersebut performa Supersoft sedikit payah sehingga kebanyakan tim menghindari memakai ban bercorak merah. Kemungkinan, mayoritas tim akan memakai Ultrasoft di stint pertama karena jika kondisi cuaca sejuk, trek tidak akan terlalu menggerus ban sehingga tim-tim atas akan bisa membangun jarak dengan tim di belakangnya.

EKA ZULKARNAIN

Berita Terkait:
Yuk, Mengenal Sirkuit Red Bull Ring
Ultrasoft Dominasi Pemilihan Ban di GP Austria

Ini Kota yang Akan Melarang Mobil di Tahun 2019

MADRID, 18 Januari 2017 – Madrid, Spanyol, akan menjadi kota paling ramah bagi penghuninya. Wali kota Marid, Manuela Carmena, berencana...

Komunitas Nissan XTrail Indonesia Tanam Ribuan Pohon di Cirebon

CIREBON, 18 Januari 2017 -- Kegiatan touring menjadi salah satu agenda rutin komunitas Nissan XTrail Indonesia (NXI) satu kali dalam sebulan. Kali ini para pecinta...

Tata Motors Bidik Pertumbuhan 40% di Tahun 2017

JAKARTA, 18 Januari 2017 - PT Tata Motors Distribusi Indonesia (TMDI) menyambut tahun 2017 dengan keyakinan tinggi. Mereka menargetkan pertumbuhan...

Chevrolet Bangun Batmobile dari 344.187 Lego

DETROIT, 18 Januari 2017 – Bersamaan dengan rencana peluncuran film The Lego Batman Movie, Chevrolet menampilan Batmobile yang keseluruhannya terbuat...

Luncurkan RX 200t F SPORT, Lexus Pertahankan Pasar Segmen Luxury Medium SUV

JAKARTA, 18 Januari 2017 -- Peluncuran Lexus RX 200t F SPORT menjadi upaya menggairahkan pasar serta membangun pasar medium SUV...